Minggu, 01 Juni 2008

Sukses Mengadakan Pesta Ulang Tahun

Waktu
Meski hari ulang tahun anak jatuh dihari biasa, usahakan pesta tetap digelar di hari libur agar kesempatan para undangan untuk datang lebih banyak. Adakan di jam 11.00 atau 16.00 dan jangan lebih dari 2-3 jam, agar anak-anak tak bosan dan kelelahan karena acara berlangsung terlalu lama.

Lokasi
Selain dirumah, kini banyak orang tua mengadakan pesta di sekolah, restoran, ruang serbaguna di apartemen, atau komplek perumahan, bahkan ballroom hotel. Bila jumlah undangan sedikit, rumah atau restoran bisa jadi pilihan. Bila jumlah undangan banyak, cari lokasi yang lebih nyaman.

Dana
Siapkan anggaran khusus, sesuaikan dengan jumlah undangan dan orang tuanya yang datang menemani, serta rencana pesta yang diinginkan. Jika memungkinkan, anda bisa menyewa jasa EO, dan kemukakan besarnya budget Anda. Buat pesta sesuai kemampuan, tak perlu iri atau berusaha mengungguli pesta anak lain, hanya karena gengsi.

Ide
Tanyakan pada si kecil, apa yang dia inginkan dalam pestanya nanti, misalnya karakter tokoh, makanan, dan permainan yang dia sukai. Hindari bertanya pesta seperti apa yang dia inginkan. Selain pikirannya bisa berubah-ubah, bisa saja idenya malah sulit dilakukan. Bila pakai EO, libatkan diri Anda dan anak dalam pemberian ide, sehingga EO tahu keinginan anak dan Anda, dan pesta yang diadakan tak terasa "asing.

Undangan
Mengundang 30 - 50 anak tergolong ideal. Hindari mengundang terlalu banyak anak, agar lebih mudah diatur. Agar pesta berjalan seru, cukup undang keluarga, kerabat dekat, dan teman-teman Si Kecil, atau orang yang pernah mengundangnya.

Kreatif
Bila kemampuan anda terbatas, pesta dirumah justru menguntungkan. Gali ide kreatif anda. Tak perlu membuat dekorasi yang rumit. Beli balon, kertas krep, dan pita, lalu tata secara meriah dan menarik.

Bahaya
Hindari penggunaan benda-benda tajam dan alat yang berhubungan dengan listrik dalam permainan selama pesta.

Sabar
Jangan dimulai dulu pesta, tunggu hingga tamu yang hadir sekitar 80 persen dari total undangan, baru acara dimulai.


Tema
Pesta dengan tema khusus lebih mudah mempersiapkannya. Sebab undangan, dekorasi, kostum undangan, acara, makanan, kue hingga bingkisan, biasanya menyesuaikan tema, misanya, tema Barbie, Superhero, sirkus, dan lainnya.
Sebagai tambahan, berikan hadiah bagi undangan yang kostumnya paling menarik. Untuk pesta bertema, sebaiknya gunakan jasa EO, sebab karakter tokoh, dekorasi, kue, goodybags atau bingkisan dan lain sebagainya akan lebih repot bila dikerjakan sendiri.

Acara
Siapkan acara dengan matang, karena pesta ulangtahun bukan sekadar acara berkumpul. Awali dengan berdoa, nyanyi bersama, tiup lilin, lalu permainan sulap atau akrobat, lalu sisihkan 20 - 30 menit untuk makan dan permainan bisa kembali digelar. Diakhir acara, bagikan bingkisan atau goody bags kepada para tamu undangan dengan tertib, ajaklah undangan untuk menyalami Si Kecil yang berulang tahun agar Si Kecil merasa Its My Party guys dont forget it.

Menu
Cari menu yang disukai dan boleh dikonsumsi anak-anak, misalnya nasi goreng, burger, spageti, chicken nugget, kentang goreng, mie goreng, soft drinks atau es krim. Bedakan menu untuk anak dan orang tua. Saat acara makan berlangsung, bila luas ruangan memungkinkan, sebaiknya bagikan makanan ke tiap anak (terutama balita) langsung di meja masing-masing, jangan meminta mereka mengambil sendiri. Menu untuk orang tua lebih bervariasi dan sajikan secara buffet. Bila mengadakan pesta dirumah dan tidak mau repot, manfaatkanlah jasa penjual makanan yang biasa lewat di depan rumah.

Bingkisan
Lebihkan bingkisan yang Anda siapkan, sekitar 20 persen dari total jumlah undangan dan sesuaikan isinya dengan usia anak. Sebab, tak jarang sepupu, kakak, atau adik yang diundangpun ikut ke pesta. Bagi juga bingkisan untuk mereka, agar tidak merasa iri atau ngambek. Lebih baik lebih daripada kekurangan, kan?

Seru
Agar anak-anak menikmati acara, usahakan diantara mereka sudah saling kenal sebelumnya, buat permainan yang mereka sukai, pilih MC yang seru dan bisa membuat anak-anak tertawa selama acara, dan putar lagu-lagu yang mereka sukai.

Permainan
Pilih permainan sesuai umur para tamu, baik untuk di dalam maupun diluar ruangan. Untuk anak umur 1-3 tahun, pilih permainan yang mudah, aman, dan melibatkan orangtua atau pengasuh anak. Misalnya, memasukkan permainan kayu berbentuk donat ke dalam tiang-tiang kayu atau lari bola.
Lalu, untuk anak umur 4-6, permainan bisa main lari bola, lari gundu, atau jepit genit. Jepit genit adalah lomba lari anak memasangkan jepit baju di baju ibunya atau pasangan lombanya. Permainan untuk anak diatas 7 tahun antara lain lomba joget sarung, menari, menyusun piramid dari gelas plastiik, dan musical chair (atau berebut kursi). Kembangkan ide-ide kreatif anda untuk beragam permainan agar pesta ulang tahun semakin meriah.

Tidak ada komentar: